• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

STUDY VISIT

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 14 Mei 2018
  • Penulis : Fajar Setiaji
  • Hits : 396

STUDY VISIT PROGRAM STUDI TEKNIK PERKAPALAN

Study Visit merupakan kegiatan yang umum dilaksanakan mahasiswa di Perguruaan Tinggi dengan mengunjungi pusat-pusat Industri dan pusat-pusat keilmuan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh para mahasiswa Prodi Teknik Perkapalan dalam rangka menambah wawasan dan pengalaman. Study Visit yang akan dilaksanakan kali ini adalah ke Industri Perkapalan dan pusat ke Ilmuan perikanan tangkap wilayah Semarang Yaitu PT. Jasa Marina Indah (JMI) Shipyard Semarang dan Balai besar Penangkapan Ikan (BBPI) Semarang. Dan bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman, Memberikan motivasi dalam pembelajaran setelah mengikuti kegiatan study Visit, menumbuhkan rasa percaya diri untuk bersaing, berinovatif, berkreasi dan kemandirian.

IMG20180502091008.jpg

STUDY VISIT PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Jenjang pendidikan Sarjana yang memuat konsepsi teoritis ilmu-ilmu dasar, mengharuskan mahasiswa yang merengkuhnya memahami, mengetahui dan mengambil manfaat dari ilmu tersebut. Hal ini tidak dapat saja bergantung pada metode pembelajaran klasik namun cara yang lebih komprehensif dan tepat guna. Prinsip pembelajaran yang lebih komprehensif salah satu contohnya adalah dengan observasi lapangan tentang terjadinya fenomena natural yang sebelumnya telah dikaji secara teoritis dan dapat mengetahui aplikasinya di lapangan dengan melakukan kunjungan langsung ke lapangan.

Salah satu aplikasi ilmu yang akan kami pelajari dan sangat penting dalam dunia industri manufaktur adalah “Sistem Produksi dan Quality Management”. Fokus dari Sistem Produksi dan Quality Management adalah untuk mengelola dan proses transformasi mulai dari bahan baku sampai menjadi produk yang siap kirim pada customer dan membuat baik interaksi antara tenaga kerja, teknologi, input, proses, dan sistem untuk menyediakan produk luar biasa dan layanan kepada customer. Sistem Produksi dan Quality Management melibatkan arus proses, arus informasi, dan aliran material. Kompetensi yang diharapkan dapat dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri UPN “Veteran” Jakarta ialah dapat memahami berbagai arus operasi manufaktur, terutama yang berhubungan dengan Sistem Produksi, Quality Control dan Quality Assurance. Berdasarkan fokus Sistem Produksi dan Quality Management yang ditekuni mahasiswa Sarjana Teknik Industri UPN “Veteran” Jakarta, diusulkanlah rencana kunjungan pabrik di PT Bio Farma (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara VIII.

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

Secara umum :

  1. Mengetahui penerapan ilmu-ilmu dasar yang dipelajari di perkuliahan dalam aplikasinya di lapangan
  2. Mengetahui pola kerja dan perilaku pekerja profesional di perusahaan manufaktur
  3. Membuka wawasan baru tentang perusahaan manufaktur
  4. Mengetahui proses produksi mulai dari bahan baku masuk hingga produk yang siap dikirim ke customer (hulu sampai hilir)
  5. Mengetahui permasalahan yang sering terjadi di PT Bio Farma (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara VIII

Secara khusus :

  1. Mengetahui proses produksi mulai dari bahan baku masuk hingga produk siap dikirim pada customer (hulu sampai hilir) di PT Bio Farma (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara VIII

IMG_20180503_092214.jpg

Informasi