• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Fakultas Teknik Menyelenggarakan Pelatihan Internet of Things untuk Mahasiswa Teknik Elektro

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 11 Oktober 2019
  • Penulis : Nurfajriah, ST
  • Hits : 138

Internet of Things atau IoT merupakan salah satu teknologi Industri 4.0 yang sedang booming di Indonesia khususnya. Demi meningkatnya kemampuan dan pengetahuan mahasiswa di bidang Industri 4.0, juga sebagai Kampus yang sudah menerapkan sistem pendidikan berbasis Industri 4.0, Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta melalui Program Studi Teknik Elektro menyelenggarakan Pelatihan Fundamental Internet of Things untuk mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2019 pada hari Selasa, 08 Oktober 2019 di Fakultas Teknik, UPN “Veteran” Jakarta, Kampus II, Limo, Depok.

Pelatihan yang bertujuan untuk membuka wawasan dan kemampuan mahasiswa Teknik Elektro ini dibimbing oleh Pakar Internet of Things Indonesia, Bapak Allan Wirahadi, Co-Founder dan CTO dari PT. Teknologi IoT Indonesia, salah satu perusahaan startup di Indonesia yang bergerak di bidang Internet of Things.

Peserta_mahasiswa_teknik_elektro_2019_merancang_sensor_ultrasonic_bersama_narasumber.jpeg

Pelatihan yang diselenggarakan di Ruang 102 Fakultas Teknik ini, dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Bapak Allan, narasumber pelatihan, membagi pengalamannya kepada peserta pelatihan tentang Internet of Things, juga mengajari bagaimana merancang perangkat IoT sederhana di kehidupan sehari-hari. Bermodalkan NodeMCU, sebuah piranti mikropengendali berbasis Arduino dengan harga yang terjangkau, peserta sudah dapat merancang perangkat IoT sederhana dengan beberapa sensor yang harganya juga relatif murah.

Peserta_mahasiswa_teknik_elektro_2019_merancang_sensor_ultrasonic.jpeg

Peserta pelatihan begitu antusias ketika mereka sudah berhasil mengendalikan LED dan memantau data sensor melalui jaringan nirkabel internet. Para peserta pelatihan memberikan masukan dan saran yang sangat baik, sehingga harapan mereka, kedepannya akan ada pelatihan-pelatihan serupa, untuk menunjang kemampuan dan pengetahuan mahasiswa Fakultas Teknik di bidang Industri 4.0.

Peserta_mahasiswa_teknik_elektro_2019_dan_tim_pelaksana_bersama_narasumber.jpeg

Informasi