• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Nasional Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta Mengambil Tema Penerapan Teknologi Industri 4.0 di Indonesia

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 11 Oktober 2019
  • Penulis : Nurfajriah, ST
  • Hits : 115

Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, sebagai salah satu universitas yang sedang mengimplementasikan sistem pendidikan 4.0 di lingkungan kampus, menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Penerapan Teknologi Industri 4.0 di Indonesia di Aula Tanah Airku Kampus II Jl. Raya Limo, Depok, pada Selasa, 1 Oktober 2019 lalu. Pada seminar nasional tersebut, tidah hanya mahasiswa Fakultas Teknik yang menjadi peserta seminar, namun terdapat perwakilan mahasiswa dari empat institusi luar, seperti mahasiswa dari Akademi Telekomunikasi Telkom Jakarta, STT PLN, UI, dan LAPAN. Seminar yang dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Reda Rizal, M.Si., ini menghadirkan tiga narasumber yang ketiganya merupakan profesional di bidang teknologi Industri 4.0.

Foto_1.png

Narasumber pertama adalah Bapak Rahmat Indra, Human Empower Coordinator Infiniti Group, perusahaan implementor teknologi industri 4.0, dan merupakan salah satu dan satu-satunya perusahaan lokal yang bergerak di bidang implementor teknologi industri 4.0 untuk industri manufaktur di seluruh Indonesia. Alumni Metalurgi Universitas Indonesia tersebut membawakan materi terkait Smart Robotics dan kebutuhan sumber daya manusia di revolusi Industri 4.0 ini. Selain menyajikan materi, Pak Indra juga menampilkan demonstrasi smart robotics milik Infiniti Group.

Demonstrasi_Alat_oleh_Infiniti.png

Setelah Pak Indra, ada Bapak Rustamaji, B.Eng., M.Sc., Kepala Sekolah di Madrasah Technonatura, juga peneliti di yayasan CREATE yang dibangun oleh anak pertama dari (alm) Prof. B. J. Habibie, Dr-ing. Ilham Habibie. Alumni dari Manchester of Metropolitan University ini menyajikan materi terkait sistem pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam mendukung life skills 4.0 di era Industri 4.0 saat ini. Beliau manyampaikan bahwa sistem pendidikan STEAM sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk bersaing di era Industri 4.0 ini.

Narasumber terakhir adalah Bapak Didi Setiadi, Co-Founder dan CEO dari Prasimax, salah satu perusahaan startup internet of things di Indonesia. Pak Didi, sapa akrab beliau, menyampaikan materi seminar terkait Technopreneurship bidang Internet of Things di Indonesia serta potensinya. Alumni Universitas Indonesia ini memberikan semangat kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk dapat memiliki semangat yang tak pernah henti, khususnya untuk dapat membangun perusahaan startup di Indonesia.

Seminar_Nasional_Penerapan_Industri_4.png

Peserta mahasiswa begitu antusias dalam mengikuti seminar nasional ini. Ada banyak mahasiswa yang melontarkan pertanyaan yang kritis, sehingga mendapat sanjungan dari narasumber seminar. Salah satu mahasiswa menyampaikan masukannya melalui kuisioner yang diberikan bahwa ia berharap akan ada kegiatan serupa agar wawasan serta pengalaman mahasiswa terus meningkat.

Foto_bersama_narasumber.png

Seminar nasional ini merupakan hasil dari kerja sama Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dengan Infiniti Group.

Informasi