Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Pada hari selasa tanggal 25 Jui 2023 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen bersama para mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Desa Simpangan, Cikarang Utara. Pada kegiatan pengabdian masyarakat tersebut warga Desa Simpangan diberi edukasi dalam bentuk pelatihan menggunakan aplikasi Canva untuk mendesain label kemasan produk. Melalui kegiatan ini dosen dan mahasiswa memberikan penjelasan aplikasi Canva sebagai salah satu aplikasi android populer untuk membuat desain logo, brosur, poster dan sejenisnya secara praktis cukup menggunakan handphone.

Para peserta pelatihan  terdiri dari warga RT 02/RW014 Desa Simpangan Cikarang Utara. Para peserta tersebut sangat antusias mengikuti acara pelatihan tersebut. Setiap peserta bersemangat membuat desain masing-masing. Sebagian besar peserta yang merupakan ibu rumah tangga membuat desain logo produk kuliner. Logo produk kuliner tersebut diantaranya adalah produk mie, bakso, pisang goreng, jajanan pasar, cakes, bolu dan makanan sejenisnya. 

Salah satu dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut, Tatik Juwariyah M.Sc menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu tugas pokok Tri Dharma dosen yang wajib diemban oleh seorang dosen. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dosen dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat, dosen dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga terjalin hubungan positif dan produktif bagi semua pihak. Sementara itu, salah satu peserta memberikan tanggapan terhadap kegiatan tersebut dengan ucapan terimakasih. Mereka berterima kasih dan menyambut dengan baik kegiatan tersebut mengingat ada perhatian dari pihak dosen dan  mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat memberikan pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi Canva. Ketua RT 02/RW014 menyatakan bahwa diharapkan ke depan agar pelatihan tersebut dan pelatihan semacamnya selalu dapat dilaksanakan secara rutin agar warga mendaparkan edukasi dari akademisi sehingga warga dapat bertambah ilmu dan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh untuk menambah peluang peningkatan kesejahteraa keluarga.

Chat with Us!