Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Energi bersih merupakan energi yang dihasilkan oleh sumber energi yang dalam menyediakannya tidak menimbulkan efek samping seperti polusi, pencemaran, dan lain-lain. Selain itu, energi bersih juga merupakan energi yang bisa terbarukan yang mana sumbernya tidak akan habis walaupun digunakan secara terus menerus.

Pada kesempatan kali ini, Tim dari Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa, melaksanakan sebuah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang mendapatkan dana dari Hibah Kemdikbudristek dengan memanfaatkan energi bersih yaitu energi matahari untuk digunakan sebagai penerangan di Kampung Cijantur, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan memanfaatkan panel surya, energi matahari yang dikumpulkan oleh panel akan diubah menjadi energi listrik yang mana energi listrik tersebut dapat digunakan untuk menghidupkan. Untuk perawatannya sendiri terbilang mudah yang mana hanya membersihkan panelnya saja agar sinar matahari yang masuk dapat terserap secara maksimal. (14/07/2023).

Setelah berdiskudi dengan warga setempat, Tim PKM yang diketuai oleh Santika Sari, mengusulkan untuk membuat lampu penerangan yang berguna untuk menerangi tempat-tempat yang sering dilewati oleh warga. Oleh karena itu, didapatkan 4 (empat) lokasi yang tepat untuk dibangunkan penerangan jalan dengan menggunakan solar panel diantaranya memudahkan warga untuk mencari air di sungai, dekat dengan sarana pendidikan, dan sarana administrasi Kampung Cijantur.

Dengan pemasangan lampu penerangan ini, diharapkan dapat mempermudah warga Kampung Cijantur dalam beraktivitas serta membuat aktivitas warga lebih aman dan nyaman di malam hari.

Chat with Us!