Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

HMTE (Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro) UPN “Veteran” Jakarta bersama dengan KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) Mekatronika dan Internet of Things, mengunjungi SMA Negeri 3 Jakarta dalam rangka menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernama Electro Goes to School pada 20 Maret 2024. Maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai salah satu sarana informasi mengenai Jurusan Teknik Elektro guna memberikan gambaran bagi siswa sekolah menengah atas yang ingin melanjutkan studi di bidang Teknik Elektro, terutama di UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh 66 siswa kelas 11 dan 12 SMA Negeri 3 Jakarta.

Electro Goes to School berisi paparan materi oleh Jaddan Idzni Artoma (2110314082) mengenai pengenalan dasar jurusan Teknik Elektro, 3 konsentrasi jurusan Teknik Elektro UPN Veteran Jakarta, mata kuliah dasar, dan prospek kerja. Setelah sesi pemaparan materi, terdapat sesi demonstrasi alat oleh Tiara Evidia Wati (2210314052) mengenai implementasi renewable energy melalui inovasi teknologi Panel Surya yang dimanfaatkan menjadi alat penyimpanan daya portabel. Selain itu, terdapat dua proyek yang didemonstrasikan pada sesi ini, yaitu proyek Running Text dan proyek Robot Sumo. Naufalis Febrian Wibowo (2210314014) sebagai perwakilan dari KSM Internet of Things mendemonstrasikan proyek Running Text. Kemudian dilanjut oleh Antonius Danu Pranoto (2210314053) dan Ahmad Bura Jilana (2210314070) sebagai perwakilan dari KSM Mekatronika mendemonstrasikan proyek Robot Sumo.

Para siswa sangat antusias saat sesi demonstrasi proyek. Beberapa diantaranya berkesempatan untuk mensimulasikan proyek-proyek tersebut secara langsung. Keingintahuan mereka sangat tinggi, mulai dari bertanya tentang cara kerja, komponen yang terlibat, hingga bertanya tentang berbagai respon yang mungkin terjadi ketika proyek tersebut menghadapi suatu kondisi.Kegiatan Electro Goes to School diharapkan dapat memberikan wawasan baru mengenai bidang Teknik Elektro, serta membangun minat dan motivasi siswa SMA Negeri 3 Jakarta untuk menjelajahi bidang ini lebih dalam di tingkat perguruan tinggi.

Foto Bersama
Chat with Us!