Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta periode 2024 telah menyelenggarakan Musyawarah Besar Mahasiswa FT UPNVJ pada tanggal 18 Mei 2024 yang dilaksanakan secara daring di Platform Zoom Meeting. Musyawarah Besar Mahasiswa FT UPNVJ ini dihadiri oleh delegasi dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Teknik UPNVJ, HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), dan KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) dari setiap jurusan yang ada di Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta.

Musyawarah Besar Mahasiswa FT UPNVJ ini dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.15 WIB. Musyawarah Besar Mahasiswa FT ini diawali dengan pemaparan dari Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta yang memaparkan hasil dari kuesioner yang telah disebarkan mengenai aspirasi kelembagaan.

Berikut adalah hasil dari Musyawarah Besar Mahasiswa FT UPNVJ:

  1. Bab 4 pasal 8 ayat 8 :
  • Awal pasal: Organizational Studies Program (OSP) merupakan program pelatihan organisasi yang diadakan sebagai syarat kelengkapan dalam mendaftar SEMA dan BEM FT UPNVJ. 
  • Menjadi: Synchronize 101 merupakan program pelatihan organisasi dan pengembangan sumber daya manusia yang diadakan sebagai syarat kelengkapan dalam mendaftar SEMA dan BEM FT UPNVJ.
  1. Bab 11 pasal 40 ayat 2 point d
  • Awal pasal: Membuat dan melaporkan laporan pertanggung jawaban setiap kegiatan sesuai dengan kebijakan pihak Rektorat. 
  • Menjadi: Melakukan kegiatan pelatihan bagi KEMA FT yang ingin memasuki KSM terkait.
  1. Bab 13 pasal 45, 48
  • Awal pasal 45: Organizational Studies Program (OSP) merupakan program pelatihan organisasi yang terdiri dari dua rangkaian acara yaitu Sekolah Legislatif dan Sekolah Eksekutif yang diselenggarakan satu periode sekali sebagai syarat kelengkapan dalam mendaftar menjadi anggota SEMA FT UPNVJ dan mencalonkan menjadi ketua dan wakil ketua BEM FT UPNVJ.
  • Menjadi: Synchronize 101 merupakan program pelatihan organisasi yang terdiri dari dua rangkaian acara yaitu pelatihan organisasi yang terdiri dari Sekolah Legislatif dan Sekolah Eksekutif dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang diselenggarakan satu periode sekali sebagai syarat kelengkapan dalam mendaftar menjadi anggota SEMA FT UPNVJ dan mencalonkan menjadi ketua dan wakil ketua BEM FT UPNVJ.
  • Awal pasal 48: Terdapat pengecualian dalam persyaratan mendaftar menjadi anggota SEMA FT UPNVJ yaitu untuk anggota periode sebelumnya yang masih bisa menjabat sebagai anggota periode selanjutnya secara tidak langsung sudah mengikuti kegiatan Sekolah Legislatif.
  • Menjadi: Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan pengembangan sumber daya manusia di lingkungan Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta, menyediakan media yang memperkenalkan secara lebih detail kepada mahasiswa baru tentang organisasi di lingkup fakultas serta Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) serta mengembangkan soft skill yang sangat dibutuhkan dalam lingkungan kampus.
  1. Pasal 1 pada sksu 002 (ditambahkan untuk perubahan perdas kema pasal 40 ayat 2)
  1. Pasal 3 pada sksu 002 (ditambahkan titik)

Pasal yang bertambah:

  1. Bab 13 pasal 49, 50
  • Tambahan pasal 49: Project Officer Synchronize 101 merupakan ketua pelaksana daripada program kerja tersebut. Project Officer Synchronize 101 ini setiap tahunnya berganti, tahun pertama berasal dari BEM FT dan tahun kedua berasal dari SEMA FT, dan seterusnya.
  • Tambahan pasal 50: Terdapat pengecualian jika terdapat kekosongan di dalam kepengurusan SEMA FT atau BEM FT, pihak SEMA FT dan BEM FT berhak menarik warga dari himpunan terkait yang disetujui dengan bukti surat rekomendasi himpunan. Untuk anggota periode sebelumnya yang masih bisa menjabat sebagai anggota periode selanjutnya secara tidak langsung sudah mengikuti kegiatan Synchronize 101, dan mahasiswa baru tidak bisa menjadi anggota. 

Kegiatan Musyawarah Besar Mahasiswa FT UPN Veteran Jakarta meliputi kegiatan berupa perubahan atau amandemen isi Peraturan Dasar Keluarga Mahasiswa FT UPNVJ yang juga merupakan hasil dan kelanjutan dari acara Sarasehan SEMA FT yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 11 Mei 2024.

Dokumentasi Kegiatan
Chat with Us!