Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Program Studi Teknik Industri UPN “Veteran” Jakarta dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (PELINDO) menyepakati Implementation Agreement (IA) terkait penelitian bersama. Perwakilan dari Prodi Teknik Industri UPNVJ, Santika Sari, S.T., M.T., selaku Kepala Program Studi Teknik Industri, dan Capt. Fara Dewi Kartikasari, S.Sot, M.Mar, selaku Senior Office SARPRAS PT PELINDO, menandatangani kesepakatan ini dengan tujuan meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan.

Kesepakatan ini menghasilkan kegiatan Penelitian Riset Nasional 2024 yang berfokus pada investigasi kelelahan kru kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja guna menunjang peran Indonesia sebagai negara maritim. Hasil penelitian berupa laporan berjudul “Investigasi Kelelahan Kru Kapal: Optimalisasi Kinerja Guna Menunjang Peran Indonesia Sebagai Negara Maritim” disusun oleh empat mahasiswa Teknik Industri dan dibimbing oleh dua dosen, Nurfajriah, S.T., M.T. dan M. Rachman Waluyo, S.T., M.T.

Santika Sari, S.T., M.T., menyatakan, “Kerjasama ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat hubungan antara dunia akademik dan industri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi industri maritim Indonesia dan meningkatkan kualitas kurikulum serta pembelajaran di UPNVJ.”

Kegiatan penelitian dilaksanakan di PT. Pelindo Marine Service, Surabaya, pada 20-21 Mei 2024. Selama dua hari tersebut, tim melakukan observasi dan wawancara mendalam dengan kru kapal serta manajemen PT. Pelindo Marine Service. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelelahan dan mengusulkan solusi untuk meningkatkan kinerja kru kapal.

Dengan adanya Implementasi Kesepakatan ini, UPNVJ berharap dapat terus mendorong inovasi dan penelitian yang berdampak positif bagi industri dan masyarakat. Kolaborasi ini juga membuka peluang lebih luas bagi mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian aplikatif yang dapat meningkatkan kompetensi dan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.

Chat with Us!