Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Sebuah pelatihan yang bertajuk “Pelatihan Software ANSYS 2024” baru saja dilaksanakan di ruang lingkup Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta. Pelatihan ini dirancang khusus untuk mahasiswa Teknik Mesin UPNVJ guna mempersiapkan mereka dalam  menghadapi tantangan engineering modern.

Dengan fokus pada penerapan ANSYS sebagai Software Engineering atau Computer Aided Engineering (CAE), pelatihan ini memberikan wawasan mendalam tentang konsep dan aplikasi teknologi terkini dalam konteks engineering. Dalam bidang engineering, penggunaan CAE sendiri merupakan salah satu strategi yang umum digunakan oleh berbagai sektor industri untuk mempercepat proses perancangan dan optimalisasi hasil desain. Percepatan ini mengacu pada upaya untuk memperpendek waktu yang dibutuhkan dalam mencapai desain yang optimal, efisien, dan efektif. Oleh karena itu, peningkatan soft skill mahasiswa menjadi hal yang sangat penting agar mereka dapat bersaing pada masa yang akan datang, terutama dalam pemanfaatan perangkat lunak seperti ANSYS.

Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) 2024 UPNVJ, mengadakan Pelatihan ANSYS dengan tujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang proses desain menggunakan software ANSYS. Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan diberikan materi tentang penggunaan software ANSYS serta penugasan praktis untuk melatih kemampuan mereka dalam mengimplementasikan konsep-konsep yang telah dipelajari. Dipandu oleh narasumber dan pemateri dari PT Optimaxx Prima Teknik, para peserta diajak untuk memahami pentingnya ANSYS dalam menyikapi masalah engineering  yang kompleks di era modern saat ini.

Pelatihan ANSYS ini merupakan hasil dari kerjasama antara HMTM 2024 dengan PT. Optimaxx Prima Teknik, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam pemanfaatan software ANSYS. Kolaborasi ini menjadi langkah penting dalam memperkuat kompetensi mahasiswa Teknik Mesin UPNVJ. Kegiatan ini diadakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, dan dihadiri oleh lebih dari 40 mahasiswa dari berbagai semester, mulai dari semester 2 hingga semester 6. Dengan durasi selama dua hari, pelatihan ini berlangsung pada tanggal 1 Juni 2024 dan 8 Juni 2024, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendalami dan mengaplikasikan konsep-konsep yang diajarkan.

Pada pelatihan ANSYS ini materi utama disampaikan oleh Riqy Rizqyandra (Application and Pre-Sales Engineer PT. Optimaxx Prima Teknik) yang membahas mengenai Pengenalan Finite Element Method, ANSYS Mechanical Overview, Pengenalan Geometry (SpaceClaim 3D Model), Meshing, dan cara melakukan simulasi kekuatan struktur sayap pesawat dan kekuatan struktur. Riqy Rizqyandra adalah Alumni Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Materi pertemuan kedua membahas mengenai ANSYS CFD Overview, Pengenalan Turbulence Model dalam CFD, studi mengenai Fluid Domain Meshing dan cara melakukan simulasi 3D Wing pada modul ANSYS Fluent.

Terakhir, Piqhi Padilla selaku Ketua Pelaksana Pelatihan ANSYS menyampaikan harapannya, agar dapat menghasilkan lulusan Program Studi Teknik Mesin yang memiliki wawasan, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam penggunaan ANSYS serta dapat terus mewujudkan implementasi kerjasama yang telah terjalin.

Chat with Us!