Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta mengunjungi PT Hyundai Motor Manufacturing dalam rangka menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bernama Visitasi Industri 2024 pada 29 Mei 2024. Maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai salah satu sarana edukasi untuk mendapatkan pengalaman langsung tentang praktik industri, lingkungan kerja, dan proses operasional yang terjadi di PT Hyundai Motor Manufacturing.

Visitasi Industri pada PT Hyundai Motor Manufacturing diawali dengan General Reception/MIC yang menampilkan bagaimana Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dibangun pertama kali. Kegiatan edukasi dimulai dari Safety Training Center, dimana  HMTE UPN “Veteran” Jakarta melihat bagaimana para karyawan Hyundai Motor Manufacturing Indonesia bekerja dengan memprioritaskan keselamatan dalam bekerja dengan fasilitas dan peralatan K3 yang lengkap dan inovatif. Beberapa peserta berkesempatan untuk mencoba langsung salah satu program Safety Training Center, dimana peserta memasuki sebuah ruangan yang tidak ada penerangan sedikitpun. Dalam hal ini peserta diajarkan bagaimana caranya untuk keluar dari ruangan tersebut. 

Dilanjutkan dengan visitasi pada bagian Press Shop, merupakan proses awal pada produksi mobil, di mana panel bagian luar/dalam dibentuk dan dicetak, yang nantinya akan diteruskan untuk perakitan di Body Shop. Dalam Body Shop, Badan (body) mobil yang akurat secara dimensi dan aman juga identik dalam bentuknya dibuat, dengan menyatukan dan mengelas sub-rakitan seperti lantai, struktur samping kiri dan kanan, serta rakitan atap. Proses terakhir adalah pada Assembly Shop yang merupakan gedung terbesar dari semua gedung produksi, dimana perakitan interior, eksterior sistem sasis, elektrikal dan inspeksi kualitas kendaraan berlangsung.

Para peserta sangat antusias dalam menjalani program Tour Hyundai ini. proyek di acara Visitasi Industri ke pabrik Hyundai Motor Manufacturing. Peserta melihat teknologi canggih dan inovasi dalam proses produksi yang dilakukan oleh manusia dengan bantuan robot elektronika. Keingintahuan peserta sangat tinggi, mulai dari bertanya tentang cara kerja mesin-mesin otomatis dan komponen yang terlibat hingga menanyakan berbagai respon yang mungkin terjadi dalam kondisi tertentu. Diskusi menjadi sangat interaktif, para peserta aktif bertanya dan para ahli otomotif pada Hyundai menjelaskan setiap detail dengan jelas. 

Kegiatan Visitasi Industri 2024 memberikan wawasan baru mengenai keselamatan kerja, proses produksi mobil konvensional maupun Electric Vehicle secara langsung. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi peserta, terutama bagi mereka yang berminat di bidang otomotif untuk mendalami teknologi dan rekayasa serta membuka mata mereka terhadap peluang karir di industri otomotif dan bagaimana inovasi mendorong kemajuan teknologi.

Foto Bersama HMTE dengan Tim Hyundai
Chat with Us!