Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Program Studi Teknik Industri dan Teknik Elektro UPN “Veteran” Jakarta mengadakan rapat bersama untuk membahas strategi dan rencana publikasi jurnal nasional. Rapat ini berlangsung pada tanggal 7 Agustus 2024 di Hotel RA Suites Simatupang yang dihadiri oleh Kepala Program Studi (Kaprodi), dan Sekretaris Program Studi (Sesprodi), serta beberapa dosen tetap dari kedua program studi.

Dalam rapat ini, beberapa agenda penting dibahas, antara lain review jurnal-jurnal yang telah diterbitkan, rencana publikasi jurnal ke depan, serta penyusunan buku panduan bagi mahasiswa, reviewer, dan editor. Fokus utama dari diskusi ini adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di jurnal nasional yang terakreditasi.

Kaprodi Teknik Industri, Santika Sari, MT., menyatakan pentingnya publikasi jurnal bagi pengembangan akademik mahasiswa dan dosen. “Publikasi ilmiah merupakan indikator penting dari kualitas riset yang dilakukan di lingkungan akademik. Kami perlu memastikan bahwa mahasiswa dan dosen memiliki panduan yang jelas dalam menulis dan mempublikasikan penelitian mereka,” ujarnya.

Selain itu, Kaprodi Teknik Elektro, Ir. Achmad Zuchriadi MT., juga menekankan pentingnya peningkatan kolaborasi dengan mitra eksternal untuk mendukung publikasi jurnal. “Kami berencana meningkatkan jumlah mitra kerja sama, baik dari kalangan akademisi maupun industri, untuk memperkuat jaringan publikasi kami. Ini akan membuka peluang lebih besar bagi riset-riset kami untuk dikenal secara luas,” tambahnya.

Salah satu hasil dari rapat ini adalah rencana untuk menyiapkan buku panduan khusus bagi mahasiswa, reviewer, dan editor, yang akan memudahkan proses publikasi dan memastikan standar kualitas yang tinggi. Selain itu, kedua program studi juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan dengan melakukan evaluasi berkala dan melibatkan lebih banyak pakar sebagai reviewer.

Rapat ini menunjukkan komitmen kuat dari Program Studi Teknik Industri dan Teknik Elektro UPNVJ dalam mendorong publikasi ilmiah yang berkualitas dan memperkuat posisi mereka di kancah akademik nasional. Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, diharapkan jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh kedua program studi ini dapat menjadi referensi utama bagi peneliti di bidang teknik dan industri.

Chat with Us!