Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Program Studi Teknik Mesin UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan kegiatan instalasi dan training alat Cross Flow Heat Exchanger With DAQ and Software, model: Infinit Technologies, di Laboratorium Termodinamika Fakultas Teknik Pada tanggal 27 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya UPNVJ untuk meningkatkan fasilitas pembelajaran dan praktik mahasiswa dalam bidang teknik termodinamika.

Training tersebut dilakukan oleh PT. Adhikarsa Karya Saintika, perusahaan penyedia peralatan laboratorium teknologi. Sebanyak tujuh mahasiswa Teknik Mesin turut serta dalam kegiatan ini, di mana mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru mengenai penggunaan alat Cross Flow Heat Exchanger, termasuk cara mengoperasikan perangkat lunak yang terintegrasi.

Heat Transfer atau Perpindahan panas adalah fenomena paling umum dalam banyak aplikasi praktis dalam konservasi, transmisi, dan pemanfaatan energi. Penukar panas memainkan peran yang sangat penting dalam konservasi, transmisi dan pemanfaatan energi. Penukar Panas Aliran Silang adalah salah satu jenis penukar panas yang paling umum digunakan dalam banyak aplikasi seperti radiator otomotif, inti pemanas, kondensor & evaporator HVAC, dll. Unit Penukar Panas Aliran Silang dirancang untuk memungkinkan mahasiswa memahami perpindahan panas tarif dengan konveksi bebas & paksa. Ini terdiri dari saluran udara vertikal. Udara dialirkan melalui saluran dengan bantuan kipas angin.

Tampilan digital di bagian depan unit instrumentasi memungkinkan siswa melihat semua data eksperimen. Unit percobaan terutama terdiri dari saluran udara vertikal. Kipas mengalirkan udara melalui saluran. Pemanas yang dapat diganti menghilangkan panas langsung ke aliran udara. Elemen pemanas berikut disertakan: pipa, bundel pipa, dan pipa bersirip. Untuk menyelidiki pengaruh aliran dalam bundel pipa, sisipan pemanas dapat ditempatkan pada baris pipa yang berbeda. Sensor elektronik digunakan untuk melakukan pengukuran. Nilai terukur ditunjukkan secara digital pada unit tampilan dan ditransfer langsung ke PC (opsional). Perangkat lunak untuk akuisisi data bersifat opsional. Perangkat lunak ini memungkinkan, antara lain, data terukur untuk direkam dan disimpan. Laju aliran, bilangan Reynolds dan Nusselt dihitung, hubungan suhu-waktu dan ketergantungan bilangan Nusselt pada bilangan Reynolds dapat ditunjukkan secara grafis.

Dengan adanya instalasi dan training ini, Fakultas Teknik UPNVJ semakin memperkuat komitmennya dalam menyediakan fasilitas pembelajaran yang mutakhir dan relevan dengan kebutuhan industri. Ini juga merupakan langkah strategis dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan di UPNVJ.

Mahasiswa Antusias Mengikuti Training
Chat with Us!