Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Setelah mengadakan rapat pembahasan kesiapan software simulasi antara tim dosen Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta bersama Pusat Penerbangan Angkatan Darat (PUSPENERBAD), sebagai kelanjutan dari rangkaian kegiatan kerjasama yang telah terjalin lama antara Fakultas Teknik UPNVJ dengan PUSPENERBAD terkait pengembangan simulasi doorgunner helikopter. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba langsung aplikasi simulasi doorgunner helikopter yang masih dalam tahap pengembangan. 

Uji coba ini dilaksanakan menggunakan controller sederhana (joystick) dan layar yang disusun secara khusus untuk memberikan kesan imersif, seolah-olah berada di medan tempur nyata. Dipandu langsung oleh Tim dari PT Ansa Malang, Tim dosen Fakultas Teknik dan tim dari PUSPENERBAD, bersama-sama menguji aplikasi simulasi tersebut pada 20 September 2024. Uji coba ini bertujuan untuk mengevaluasi performa aplikasi dan mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan. Beberapa masukan diberikan oleh kedua tim mengenai fitur-fitur tambahan yang perlu diintegrasikan ke dalam sistem, seperti peningkatan grafis, respons kontrol, dan penyempurnaan aspek teknis lainnya.

Dalam tindak lanjutnya, aplikasi simulasi ini direncanakan akan disambungkan dengan replika senjata dan kabin helikopter yang juga sedang dikembangkan supaya dapat memberikan pengalaman simulasi yang mendekati kondisi tempur sesungguhnya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas latihan para operator doorgunner helikopter TNI AD, sekaligus memperkuat kemampuan taktis mereka di medan perang.

Dengan terus dikembangkan, simulasi ini diharapkan menjadi alat latihan yang sangat efektif dan inovatif, mendukung peningkatan keterampilan personel TNI AD, serta menjadi contoh kolaborasi produktif antara dunia pendidikan dan militer dalam mengembangkan teknologi pertahanan yang canggih.

Tim Dosen Fakultas Teknik UPNVJ Bersama PUSPENERBAD Uji Coba Aplikasi Simulasi DoorGunner
Chat with Us!