Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Pendampingan Pengolahan Sampah Plastik pada Bank Sampah Mekar Peduli Krukut

Oleh : Budhi Martana, Sigit Pradana, Sri Sulasminingsih dan Fachrudin

Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang memerlukan perhatian dan penanganan secara serius. Pengelolaan sampah plastik perlu dikelola secara terfokus dan komprehensif yang dilakukan dengan pendekatan ekonomi sirkular. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 14 Tahun 2021 bahwa pengelolaan sampah dapat dilakukan secara strategis oleh Bank Sampah, sehingga memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan.

Tim Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta melakukan pendampaingan pengolahan sampah plastik sebagai upaya mengatasi permasalahan sampah plastik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di lokasi Bank Sampah Mekar Peduli Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok.

Bank Sampah Mekar Peduli yang terletak di Kampung Utan, Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo Kota Depok yang dipimpin oleh Ibu Novi Kartika Sari merupakan suatu kelompok masyarakat yang memiliki komitmen mewujudkan masyarakat peduli lingkungan dalam pengelolaan sampah anorganik, secara khusus sampah plastik berbasis masyarakat. Pengurus dan anggota Bank Sampah Mekar Peduli menyampaikan bahwa dalam satu kali proses penimbangan sampah plastik yang dikumpulkan dari warga masyarakat dari satu Rukun Tetangga (RT) mencapai 500 kg, ditargetkan untuk penanganan dan pengolahan sampah plastik akan dilanjutkan dengan mengumpulkan sampah dari RT lain yang ada di sekitar Kampung Utan Krukut.

Kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat bagi mitra dalam mengatasi permasalahan sampah plastik, dan dapat dijadikan solusi dalam mengurangi timbulan sampah plastik. Tim pelaksana program pengabdian kepada masyarakat dan Bank Sampah Mekar Peduli akan terus bekerja sama dalam pengelolaan sampah plastik secara komprehensif dan terpadu, sehingga memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan.

Chat with Us!