Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Program Studi S1 Teknik Perkapalan UPN “Veteran” Jakarta telah kembali melaksanakan kegiatan dalam rangka Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari hibah dana yang diperoleh dari Ditjen Dikti Ristek. Sebagai salah satu implementasi PKKM 2024, Prodi S1 Teknik Perkapalan menggelar Kuliah Tamu yang dibagi menjadi dua sesi pada tanggal 26 dan 27 September di Aula Gedung MERCe. Kuliah Tamu ini menghadirkan narasumber ahli dari Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Dian Purnama Sari, ST., MT. 

Kuliah tamu sesi pertama pada 26 September 2024 membawakan tema  “Revolusi Zero Emisi Dalam Industri Kemaritiman”. Acara yang dihadiri oleh mahasiswa beserta beberapa dosen Program Studi S1 Teknik Perkapalan, dibuka dengan sambutan oleh Kaprodi Teknik Perkapalan, Dr. Wiwin Sulistyawati, S.T., M.T., yang menekankan pentingnya pengurangan emisi dalam industri kemaritiman sebagai langkah penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim global.

Kata Sambutan Oleh Kaprodi S1 Teknik Perkapalan

Setelah itu, Dr. Dian Purnama Sari memulai presentasinya dengan menjelaskan berbagai topik, di antaranya; International Maritime Organization (IMO) beserta strategi IMO untuk mengurangi emisi dari kapal secara global, Tantangan kebijakan IMO, Peran aktif Indonesia sebagai dewan di IMO, Energi terbarukan di kapal, penggunaan bahan bakar alternatif pada kapal, serta evaluasi keberhasilan pengurangan emisi yang telah dilakukan.

Setelah sesi pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, lalu ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta dan dosen yang hadir. Kuliah tamu ini diharapkan dapat memperluas wawasan mahasiswa mengenai pentingnya inovasi teknologi dalam mendukung revolusi zero emisi di sektor maritim, serta memotivasi mereka untuk turut serta berkontribusi dalam menciptakan industri maritim yang lebih berkelanjutan di masa depan.

Foto Bersama Peserta Kuliah Tamu
Chat with Us!