Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Program Studi Teknik Perkapalan UPN “Veteran” Jakarta  mengadakan Kuliah Tamu sesi kedua yang bertemakan “Riset dan Inovasi Hidrodinamika Wujudkan Green Ship” pada 27 September 2024 di Aula MERCe. Acara ini dibawakan oleh ahli dari Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika (PTRH), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Dian Purnama Sari, ST., MT. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa beserta sejumlah dosen Program Studi S1 Teknik Perkapalan.

Acara dibuka oleh MC, diikuti dengan presentasi mendalam oleh Dr. Dian yang menjelaskan berbagai penelitian dan inovasi di bidang hidrodinamika yang mendukung terwujudnya Green Ship atau kapal ramah lingkungan. Beberapa topik utama yang dibahas dalam kuliah tamu ini antara lain; Air Bubbles Hull Lubrication, Improved Hull Point, Advance Propeller dan Rudder, Sail System, Increases Efficiency Hull Speed, No Ballast Ship.

Dr. Dian juga membahas potensi pengembangan lebih lanjut dari produk dan layanan di sektor maritim yang memperhatikan kemajuan teknologi hidrodinamika, sekaligus memberikan wawasan mengenai masa depan industri maritim yang lebih ramah lingkungan.

Penyerahan Plakat Kepada Narasumber

Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana para mahasiswa sangat antusias menggali lebih dalam mengenai penerapan inovasi hidrodinamika ini pada kapal komersial dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Acara kemudian diakhiri dengan pemberian plakat sebagai tanda penghargaan , serta sesi foto bersama seluruh peserta kuliah tamu.

Kuliah tamu ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada mahasiswa mengenai pentingnya inovasi teknologi di bidang hidrodinamika untuk menciptakan kapal yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Ini juga menjadi dorongan bagi mahasiswa Teknik Perkapalan untuk terus berkarya dalam mendukung pengembangan industri maritim yang berkelanjutan di masa depan.

Foto Bersama Peserta Kuliah Tamu
Chat with Us!