Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan skema Program Kemitraan Masyarakat Terapan yang dilakukan oleh tim Dosen dengan mengikutsertakan Mahasiswa Prodi Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta untuk mitra Rukun Nelayan Cinta Bahari Desa Puloampel Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan pada tanggal 25 Mei s/d 31 Mei 2023 berupa  penyuluhan dan pelatihan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya yang ramah lingkungan pada 6 (enam) unit perahu ikan yang bersandar di dermaga Rukun Nelayan Cinta Bahari. Hal ini dilakukan untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai langkah untuk pembangunan desa yang berkelanjutan dengan menyediakan akses untuk nelayan  skala kecil terhadap sumber daya laut dan pasar. guna meningkatkan kesejahteraan mitra kelompok nelayan di Desa Poluampel.

Tim dosen yang terlibat antara lain Amir Marasabessy sebagai ketua, dan sebagai anggota terdiri dari Bambang Sudjasta, Wiwin Sulistyawati, Fajri Ashfi Rayhan dan Rusdy Hatuwe. Sedangkan mahasiswa dari angkatan 2020 dan 2021 yakni Rendy Setiawan, Rafly Alguna, Hanifa Ramadhani Akhira, Yusiliana Pratiwi, Naufal Rofi Chavidi, Rafif Giya Ramadhan dan Anang Dianto sebagai laboran di laboratorium produksi kapal Fakultas teknik UPN Veteran Jakarta.

Program Kemitraan Masyarakat Terapan bertema Penerapan Panel  Solar Cell Untuk Penerangan Listrik Yang Ramah Lingkungan Pada Perahu Nelayan Guna Efisiensi Pemakaian Baterai di Desa Puloampel, hal ini dilakukan karena warga Desa Puloampel sebagian besar menjadi nelayan. Pengoperasian perahu penangkap ikan oleh mitra nelayan biasanya dilakukan pada waktu siang hingga pagi hari ± 8 jam. Untuk kebutuhan penerangan listrik dan alat komunikasi oleh nelayan dengan menggunakan baterai. Namun karena baterai sering dilakukan pengisian/charge mengakibatkan cepat mengalami kerusakan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan kiranya dapat memberikan solusi untuk penghematan energi listrik dan menambah umur pakai baterai selama pengoperasian perahu ikan sehingga dimungkinkan untuk menggunakan pembangkit listrik tenaga surya. “Oleh sebab itu dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, dilakukan penyuluhan dan pelatihan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya atau panel solar cell kepada mitra nelayan sebagai pemilik perahu penangkap ikan.

Dengan menerapkan pembangkit listrik tenaga surya pada 6 (enam) unit perahu ikan tersebut maka akan memberikan penghematan pembelian baterai sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan melalui peningkatan ekonomi.

Dalam kegiatan pelatihan pemasangan komponen panel solar cell di atas perahu ikan, tim Pengabdian Kepada Masyarakat melibatkan mitra nelayan sebagai pemilik perahu ikan sehingga diharapkan kedepan mitra  nelayan dapat melakukan pemasangan secara mandiri. Selain itu tim Pengabdian Kepada Masyarakat akan melakukan evaluasi pemakaian pembakit listrik tenaga surya yang telah terpasang pada 6 (enam) perahu ikan hingga 30 Nopember 2023 ±6 bulan, untuk memastikan kesesuaian dan manfaat dalam kelancaran pengoperasian perahu ikan.

Dengan terpasangnya komponen panel solar cell pada 6 (enam)  unit perahu ikan, maka kebutuhan listrik pada 6 (enam) unit perahu ikan dapat terpenuhi dengan daya tahan baterai lebih lama. Sehingga dalam waktu e (enam) bulan terjadi penghematan biaya operasional pada 6 (enam) perahu ikan sebesar Rp 22.140.000.-

Mengingat jumlah perahu ikan yang dimiliki oleh Rukum Nelayan Cinta Bahari sebanyak 38 unit maka untuk terpenuhi pemasangan komponen panel solar cell pada perahu ikan tersebut, diharapkan adanya kerjasama pemerintah daerah secara bersama sama ikut mendanai pengadaan komponen panel solar cell.

Chat with Us!