Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Habis gelap terbitlah terang bertepatan pada hari ini 21 April 2022 diperingati sebagai Hari Kartini. Siapa Kartini? Perempuan bernama lengkap Raden Ajeng Kartini ini lahir pada 21 April tahun 1879 dan merupakan keturunan bangsawan Jawa. Peringati Hari Kartini diambil dari hari kelahirannya.

Kartini terpaksa meninggalkan bangku sekolah setelah usia 12 tahun karena ia harus dipingit untuk menunggu calon suaminya melamar. Selama masa pingit yang ia jalani, ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi dari Belanda menggunakan kemampuan berbahasa Belanda yang ia miliki.

Berkat kegigihannya tersebut maka Sesuai dengan ketetapan Presiden RI Ir Soekarno memerintahkan melalui surat Nomor 108 Tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964, Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Kartini adalah Pahlawan Nasional yang selalu menjadi sumber inspirasi kesetaraan bagi keluarga dan masyarakat, Selamat Hari Kartini, untuk seluruh wanita Indonesia yang memiliki mimpi setinggi langit untuk memajukan bangsa semoga nilai perjuangan Ibu R.A. Kartini tetap abadi dan semangatnya terwariskan kepada kita semua.

Chat with Us!