Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Sebelum menggelar kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) Prodi Teknik Mesin melaksanakan kegiatan kuliah tamu, Kegiatan ini berlangsung secara Offline, yang bertempat di ruang Aula Tanah Airku Fakultas Teknik UPNVJ pada hari Jumat (10/6/2022).

Pada kesempatan kuliah tamu ini prodi Teknik Mesin berkesempatan menghadirkan pakar industri dari PT Panasonic Gobel Indonesia, yakni Bapak Faisal Susanto dan Ibu Amrina Roosyada, dipandu oleh kepala Laboratorium Perpindahan Panas dan Termodinamika yaitu Dr. Fayza Yulia serta dihadiri juga oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Muhammad Arifudin Lukmana, S.T., M.T dan Sesprodi PSTM Fitri Wahyuni, S.Si., M.Eng.

Kuliah Tamu dihadiri oleh Mahasiswa Teknik Mesin angkatan tahun 2021 dengan tema “Siklus Refrigerasi dan Aplikasinya”. Materi kuliah Tamu yang disampaikan terbagi atas dua sesi. Sesi pertama disampaikan oleh narasumber Bapak Faisal Susanto yang memaparkan materi pemahaman dasar siklus refrigerasi yang dilengkapi dengan pembahasan psychrometric chart dan beberapa fasa refrigerant pada diagram PH dan TS.

Selanjutnya pada sesi kedua disampaikan oleh Ibu Amrina Roosyada dengan topik aplikasi siklus refrigerasi pada room air, high risk building dan kasus spesial desain tata udara pada rumah sakit dan data centre. Kuliah tamu yang telah terlaksana ini diharapkan dapat menjadi bekal dasar bagi Mahasiswa Teknik Mesin di dunia industri.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan bantuan peralatan praktikum berupa 1 set air conditioner oleh General Manager AC Product PT Panasonic Gobel Indonesia, Ibu Diana Puspita Sari Wijaya, untuk Laboratorium Perpindahan Panas dan Termodinamika yang diterima secara simbolis oleh Kaprodi Teknik Mesin Fakultas Teknik UPNVJ, Dr. Muchamad Oktaviandri.

Dalam sambutannya, Kaprodi berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan kerjasama antara PSTM FT UPNVJ dengan PT Panasonic Gobel Indonesia untuk memfasilitasi mahasiswa PSTM FT UPNVJ yang akan mengambil haknya dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menyusun bersama kurikulum magang atau praktik kerja di industri, yang sesuai dengan kompetensi lulusan.

Chat with Us!