Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Masalah tata kelola sampah pada rumah tangga khususnya sampah organik menjadi topik perhatian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang digarap bersama antara dua kampus bela negara, UPN Veteran Jakarta dan UPN Veteran Yogyakarta. Kegiatan tata kelola sampah dilaksanakan di wilayah Desa Simpangan, Cikarang Utara. Kegiatan tersebut mendapat perhatian dari warga sekitar khususnya kelompok PKK RW014 Desa Simpangan, Cikarang Utara. Peserta kegiatan tampak antusias mengikuti pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari berbagai sampai rumah tangga mereka sehari-hari.

Pendampingan tersebut diketuai oleh dosen Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Tatik Juwariyah, M.Sc dan juga diisi oleh dosen Fakutas Teknik UPN Veteran Yogyakarta, Mitha Puspitasari, ST, M.Eng. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan selama tiga bulan, dari bulan Juni hingga bulan Agustus 2022. Menurut pernyataan Tatik selaku ketua Tim, potensi dan peluang pemanfaatan pengelolaan sampah organik di Desa Simpangan cukup besar mengingat daerah tersebut adalah daerah padat penduduk dan berdekatan dengan pasar Lemah Abang yang mampu mensuplai sampah organik dalam volume yang besar setiap harinya.

Sementara itu, menurut Mitha jika sampah organik dikelola menjadi pupuk organik cair (POC) secara mandiri, banyak sekali manfaat yang akan diperoleh warga diantaranya, mengurangi beban biaya sampah bulanan, menjadi pupuk tanaman di lingkungan rumah tangga dihasilkan secara mandiri, dan berpotensi dapat dijual jika kandungan pupuk organik tersebut telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh dinas pertanian. “Sudah saatnya masyarakat menggunakan POC untuk menyuburkan tanaman yang ada di lingkungan rumah tangga, sehingga masyarakat sadar pentingnya menanam tanaman organik untuk dikonsumsi” imbuhnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut terlaksana dengan dukungan hibah internal Program Kemitraan Bersama (PKB) antara dua kampus bela negara UPN Veteran Jakarta dan UPN Veteran Yogyakata. Pada program tersebut juga turut melibatkan beberapa mahasiswa dari Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta.

Chat with Us!