Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Tim Abdimas Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta bersama dengan mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat di Blok Cumi, Desa Pabean Udik yang terletak di sebelah Utara Pusat Kota Indramayu. Desa Pabean Udik merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu isi dari Tridharma Perguruan Tinggi dan mendukung Percepatan Pembangunan Desa Indramayu (PPDI) demi meningkatkan perekonomian masyarakat melalui desa wisata di Pabean Udik.

Pengabdian masyarakat dilaksanakan di lahan kosong Blok Cumi pada Jum’at – Selasa (16/9/2022 – 20/9/2022). Kegiatan Abdimas yang dilakukan adalah membuat taman warna-warni pada lahan tersebut. Kegiatan ini meliputi pembuatan gapura, lukisan 3D, jalan setapak, bangku, meja, pagar, hiasan taman (caping gantung dan lampu), serta penanaman rumput gajah, tanaman toga dan hias. Hasil kegiatan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi warga sekitar. Masyarakat dapat meningkatkan perekonomian dengan mengembangkan tempat usaha untuk berjualan disekitar taman. Kepala Desa Pabean Udik, Samsul Ma’arip menyampaikan, kegiatan pengabdian masyarakat ini  sangat luar biasa. Baru kali ini benar-benar banyak meninggalkan jejak dan diimpikan masyarakat.

Selanjutnya, pada hari terakhir terdapat pertemuan bersama dengan Kepala Desa Pabean Udik untuk penyerahan plakat dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, bapak Kades dan warga sekitar menyambut dengan baik serah terima taman di Blok Cumi ini.

“Wah, waktu masuk (gapura) itu ya, banyak sekali perubahan gitu kan. Dulunya ini kan, fasum (fasilitas umum) yang boleh dikatakan kumuh belum jadi seperti sekarang ini. Alhamdulillah, ini luar biasa saya ucapkan terimakasih selaku kepala desa Pabean Udik” kata Samsul Ma’arip. “Saya sampaikan untuk pengabdian masyarakat ini sangat luar biasa, mantap, maju terus untuk UPN Veteran Jakarta” ujar Pak Kades

Chat with Us!