Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Pemenang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) – melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) telah diumumkan pada Rabu (25/10), di Balai Purnomo Prawiro, Kampus UI Depok. Final kompetisi yang berlangsung pada tanggal 22 s/d 25 Oktober 2023 tersebut diikuti oleh 88 tim dari 31 Perguruan Tinggi dan menghasilkan 38 tim pemenang untuk 6 kategori perlombaan.

KKCTBN merupakan lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi perkapalan-maritim yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia. Pada tahun ini, KKCTBN mengusung tema “Penguatan Kemandirian Teknologi dan Inovasi Kapal Nasional” dengan mengompetisikan enam kategori lomba.

Pada kontes tersebut, satu dari dua tim mahasiswa Teknik Perkapalan yang dikirim oleh UPN “Veteran” Jakarta, Tim MARC ARINDAMA berhasil meraih Juara Harapan 2 pada Divisi Leisure Boat Electric Remote Control (LBERC). Tim MARC ARINDAMA beranggotakan Muhamad Sugeri (2110313005), Audi Razif Santoso (2110313029), Yusiliana Pratiwi (2110313024), Zulfi Maftukhosyi (2110313025) dan Muhamad Afrizal (2110313066).

Terdapat 6 Kategori yang dilombakan, yaitu Divisi Kapal Pariwisata DRR, Divisi Kapal Pariwisata DIT, Divisi Kapal Pariwisata DII, Divisi ATSV, Divisi LBERC dan Divis LBFERC. Selain UPNVJ, perguruan lain di Indonesia juga tercatat sebagai juara dalam kompetisi KKCTBN 2023. Adapun gelar Juara Umum pada KKCTBN tahun ini diperoleh oleh Universitas Diponegoro.

Maka dari itu, kami mengucapkan Selamat dan Sukses kepada Tim MARC ARINDAMA yang telah mengukir prestasi gemilang ini, dan terimakasih untuk Tim MARC CITAPRASADA yang juga telah memberikan performa terbaik mereka pada lomba ini walaupun masih belum bisa meraih juara. Diharapkan dengan pencapaian prestasi ini, dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk dapat terus meraih prestasi baik akademik maupun non-akademik, sehingga dapat membanggakan dan memajukan nama Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jakarta.

Foto Bersama
Chat with Us!