Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Kedutaan besar Afrika Selatan di Indonesia menggelar acara yang bertemakan “DigitALL: Innovation and Technology for Gender Equality” dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional 2023. Acara tersebut menjadi tempat diskusi untuk membahas bagaimana inovasi dan teknologi dalam mendukung kesetaraan gender.

Acara ini diisi oleh beberapa pembicara dari berbagai latar belakang, diantaranya representatif dari Keduataan Afrika Selatan (Ambassador M. Lekgoro), Dosen teknik FT UPNVJ (Dr. Armansyah), perwakilan Badan Risen dan Inovasi (Dr. Dini Fronitsari) dan perwakilan Bully.id (Ms Agita). Acara yang dipimpin langsung oleh Duta Afrika Selatan Ms Katleho Moorosi dilaksanakan pada 07 Maret 2023 di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta.

Dalam pidatonya yang menginspirasi, Dr. Armansyah menyoroti peran penting STEM education dalam membuka peluang dan menciptakan kesetaraan gender di berbagai sektor. STEM education adalah empat pilar keilmuan yang terdiri sains, teknologi, mesin dan matematika. Beliau membagikan pengetahuannya tentang bagaimana pendidikan STEM memberikan akses lebih luas kepada perempuan untuk memasuki dunia teknologi yang seringkali didominasi oleh laki-laki.

Beliau menjelaskan, bahwa Pendidikan STEM bukan hanya tentang menciptakan ilmuwan dan insinyur, tetapi juga tentang memberdayakan perempuan untuk menjadi pemimpin, inovator, dan pengambil keputusan yang berpengaruh di berbagai bidang. Beliau juga menekankan perlunya menghilangkan stereotip gender dalam pendidikan STEM dan memberikan dukungan yang kuat kepada perempuan yang tertarik untuk mengejar karir di bidang ini.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa, akademisi, dan tokoh-tokoh masyarakat yang peduli akan isu-isu kesetaraan gender dan inovasi teknologi. Dengan kolaborasi seperti ini, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam mendukung peran perempuan dalam dunia teknologi dan inovasi.

Seminar International Women's Day
Chat with Us!