Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta
Share Good Things

Engineering Simulation Software merupakan salah satu cara yang digunakan oleh banyak industri dalam melakukan percepatan dan melakukan optimasi. Percepatan yang dimaksud adalah waktu yang dibutuhkan industri dalam menemukan desain yang tepat (efisien dan efektif). Untuk itu perlu adanya peningkatan dari soft skill mahasiswa untuk dapat bersaing di dunia kerja, terutama pada penggunaan software ANSYS. Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) 2023 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta mengadakan acara Pelatihan ANSYS sebagai wadah untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada mahasiswa dalam mendesain, dengan menggunakan software ANSYS. Pada kegiatan ini mahasiswa akan diberikan penjelasan materi software ANSYS, kemudian juga akan diberikan penugasan dengan tujuan untuk melatih mahasiswa, agar lebih lancar dan paham dalam mengimplementasikan materi yang sudah diberikan.

Pelaksanaan pelatihan ANSYS ini juga merupakan wujud implementasi kerjasama yang dilakukan antara Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin 2023 dengan PT. Optimaxx Prima Teknik dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam menggunakan software ANSYS. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, melalui Zoom Meeting yang diadakan oleh Fakultas Teknik dan diikuti lebih dari 40 mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, mulai dari semester 2 hingga semester 6. Pelatihan ini diadakan selama dua hari yang dilaksanakan pada Sabtu, 2 September 2023 dan Sabtu, 16 September 2023.

Penjelasan Materi Oleh Narasumber Pertama

Materi pertemuan pertama dari pelatihan ANSYS disampaikan oleh Riqy Rizqyandra (Application and Pre-Sales Engineer PT. Optimaxx Prima Teknik) yang membahas mengenai ANSYS Mechanical Overview, SpaceClaim 3D Model, dan cara melakukan simulasi Pressure Vessel pada modul static structural. Riqy Rizqyandra adalah Alumni Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Penjelasan Materi Oleh Narasumber Kedua

Materi pertemuan kedua dari pelatihan ANSYS disampaikan oleh Djatmiko Erlambang (Engineering Simulation Software Distribution Company PT. Optimaxx Prima Teknik) yang membahas mengenai ANSYS CFD Overview dan cara melakukan simulasi 3D Wing pada modulANSYS Fluent. Djatmiko Erlambang adalah Alumni Program Studi Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada.

Terakhir, Gary Sinaga selaku Ketua Pelaksana Pelatihan ANSYS menyampaikan harapannya, agar kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk mewujudkan implementasi kerjasama yang telah terjalin. Sehingga, lulusan Program Studi Teknik Mesin memiliki wawasan dan daya saing, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam penggunaan ANSYS.

Chat with Us!